Usia yang Tepat untuk Anak Laki-laki Disunat

 

Sebuah studi menjelaskan bahwa proses sunat direkomendasikan bagi anak laki-laki, hal ini tentu bertujuan demi kesehatan sang anak. Selain untuk kesehatan jasmani dan rohani, tujuan dari anak disunat adalah memberikan kebersihan pada orang vital. Namun waktu bagi anak laki-laki untuk disunat pun memiliki beragam usia, berikut merupakan sebuah penelitian yang menjadi saran usia tepat bagi anak laki-laki disunat.

Menurut sebuah uji studi rumah sakit di Turki, yaitu Erzincan University of Medical Sciences. Sekitar tahun 2014 dilakukan sebuah penelitian menyeluruh mengenai usia tepat bagi anak laki-laki disunat, pada uji studi ini dilakukan untuk tiga kelompok usia. Anak laki-laki yang belum menginjak usia saat tahun, anak laki-laki yang memiliki usia antara satu tahun hingga tujuh tahun, dan anak laki-laki yang memiliki usia di atas tujuh tahun.

Kesimpulan yang bisa diambil setelah melakukan uji coba adalah anak laki-laki berusia belum menginjak satu tahun merupakan waktu tepat untuk disunat, hal ini dikarenakan oleh tiga faktor penting berupa tujuan, manfaat, dan risiko. Kemudian terdapat pula sebuah kesimpulan bahwa bayi yang baru lahir tidak diperkenankan untuk disunat, dampak dari pemakaian obat bius atau anestesi akan memberikan risiko yang memungkinkan penyakit komplikasi di usia mendatang. Maka dari itu tidak disarankan bagi mereka bayi baru lahir untuk langsung disunat. kosultasi sunat Klik solusisehatkroya

Setelah mengetahui usia yang tepat untuk sunat bagi anak laki-laki, kali ini kita akan mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari sunat bagi anak laki-laki. Selain itu manfaat di bawah pun akan menjelaskan risiko apa saja yang akan timbul, sekiranya proses ini tidak dilakukan pada usia yang tepat untuk sunat.

  • Memudahkan membersihkan organ vital menjadi lebih mudah¬† adalah sebuah manfaat yang bisa didapatkan bagi sunat untuk anak laki-laki dibawah 1 tahun , mengapa hal ini penting ? kondisi kulit yang masih baru dan relatif bersih membuat proses membersihkan jadi lebih mudah dan cepat
  • Mengurangi risiko kanker, manfaat satu ini penting untuk diperhatikan. Risiko dengan akan timbulnya kanker pada organ vital tentu menghantui bila tidak dilakukan sunat, maka dari itu dengan melakukan sunat di usia yang tepat akan mengurangi risiko anak untuk terkena kanker.
  • ¬†Menghindari infeksi merupakan sebuah manfaat yang bisa didapatkan setelah melakukan proses sunat, usia yang tepat untuk sunat menurut rekomendasi ahli adalah saat anak belum menyentuh usia satu tahun, hal ini tentu diputuskan dengan pertimbangan guna menghindari infeksi saat anak tumbuh dewasa nantinya.
  • Menentukan usia yang tepat untuk sunat pun akan berdampak bagi kesehatan hubungan intim sang anak, di kemudian hari saat sang anak sudah berkeluarga dan memiliki pasangan. Bila tidak melakukan proses sunat, risiko untuk terkena penyakit berupa kanker dan infeksi akan lebih tinggi. Maka dari itu tidak disarankan untuk melakukan proses sunat melebihi waktu remaja.

Meskipun begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari proses sunat, namun keputusan untuk disunat sendiri harus sesuai dengan pilihan sang anak dan orang tua. Nasehat dari dokter sangat diperlukan untuk menentkan metode sunat yang akan di jalankan . Semuanya bertujuan  demi kebaikan dan kenyamanan anak,

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *